Survei Indikator Politik, 3 Besar Capres 2024, Ganjar, Anies, Prabowo

Survei Indikator Politik, 3 Besar Capres 2024, Ganjar, Anies, Prabowo

Survei Indikator Politik, 3 Besar Capres 2024, Ganjar, Anies, Prabowo

Survei Indikator Politik, 3 Besar Capres 2024, Ganjar, Anies, Prabowo – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil survei tentang Perubahan Opini Publik Terhadap Covid-19 dari Kesehatan ke Ekonomi. Survei itu turut juga mengukur elektabilitas kandidat Capres 2024 yang dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19.

Hasilnya yang dapat kita ketahui, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan pertama yaitu 16,2%, kemudian Gubernur DKI Anies Baswedan 15%, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 13,5%.

“Covid-19 punya implikasi politik. Kita dapat lihat dampaknya terutama yang selama ini digadang. Ini elektabilitas capres jika pemilihan presiden hari ini,” ucap Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis daring.

Sementara elektabilitas kandidat capres yang lain yakni Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantyo, Mahfud Md menurun.

“3 nama yang relatif tinggi, Ganjar, Anies, Prabowo. MeskiĀ  joker123 secara absolut Ganjar nomor 1, tapi enggak signifikan dengan Anies dan Prabowo,” kata Burhanuddin.

Pilihan Parpol

Sementara untuk pilihan parpol, PDIP masih memimpin dengan 26,3%, disusul Gerindra 15,2%, Golkar 6,4%, PKB 5,7%, PKS 4%, Demokrat 3,6%, Nasdem 3,3%, PAN 2,1%, dan PPP 1,7%.

Adapun survei dilaksanakan pada 13-16 Juli dengan 1.200 responden, wawancara dilakukan melalui telepon. Margin of error 2,9 persen serta tingkat kepercayaan 95%.

Dasco mengatakan Prabowo saat ini fokus menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan. Prabowo juga disebut mementingkan tugas sebagai Menhan ketimbang pencitraan.

“Memang Pak Prabowo juga nggak ngoyo untuk mengerek popularitas dan elektabilitas. Pak Prabowo masih tekun bekerja sebagai Menteri Pertahanan, masih fokus pada kerja-kerja daripada kemudian menjaga pencitraan,” tegas Dasco.

Sementara itu, secara terpisah, Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengaku tak mau merespons berlebihan survei Indikator. Sebab, Pilpres 2024 masih jauh.

“Kami nggak mau berlebihan dalam merespon hasil survei. Yang namanya survei ada naik, ada turun bisa aja. Apalagi ini Pemilu masih lama banget, lebih baik konsentrasi memaksimalkan tugas Pak Prabowo sebagai Menhan, agar mendatangkan manfaat sebesar-besarnya kepada bangsa dan negara,” ucap Habiburokhman.

Survei soal capres pilihan dilakukan dengan menyodorkan 15 nama kepada responden. Survei dilakukan menggunakan wawancara melalui telepon kepada 1.200 responden pada 13-16 Juli dengan metode simple random sampling. Margin or error pada survei ini kurang-lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *