Potensi Ekonomi Digital Indonesia Luar Biasa

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Luar Biasa

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Luar Biasa

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Luar Biasa, – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, potensi ekonomi digital Indonesia luar biasa besar. Hal ini terlihat dari sektor digital yang terus meningkat.

Sri Mulyani menjelaskan, dari laporan yang dirilis Temasek, ekonomi digital Indonesia akan berkembang pesat pada 2025 mendatang dari berbagai bidang. Pertama, dari bidang internet, ekonomi digital RI diproyeksi naik lebih dari tiga kali lipat yakni dari US$ 40 miliar menjadi US$ 133 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia di masa depan akan sangat besar. Dia menyebutkan dalam laporan Temasek, ekonomi digital di Tanah Air akan berkembang pesat pada 2025 mendatang.

Melansir http://downloadjoker123.org/, Di bidang internet misalnya, ekonomi digital domestik diprediksi naik lebih dari tiga kali lipat yakni dari 40 miliar dolar AS menjadi 133 miliar dolar AS. Kemudian, melalui e-commerce naik empat kali lipat dari 20 miliar dolar AS menjadi 82 miliar dolar AS.

“Artinya Indonesia memiliki potensi luar biasa di bidang digital ekonomi,” kata Sri Mulyani dalam Indonesia Fintech Summit 2020, Rabu.

Kemajuan digital ekonomi di Indonesia perlu didukung infrastruktur yang memadai

Meski demikian, potensi yang dimiliki Indonesia tidak akan bisa menjadi kenyataan apabila tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai. Salah satu yang perlu dilakukan adalah menyediakan akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

“Tidak ada istilah terluar terpinggirkan atau tertinggal. Mereka perlu dapat akses internet. Makanya kita perlu bangun infrastruktur,” ungkap dia.

Jokowi berharap inovator fintech tingkatkan literasi keuangan

Melalui IFS 2020, Jokowi berharap para inovator fintech tidak hanya menjadi penyalur pinjaman maupun pembayaran online, tetapi juga penggerak utama literasi keuangan digital bagi masyarakat.

“Para inovator fintech juga harus mengembangkan diri secara terus-menerus untuk menjalankan fungsi agregator dan inovatif credit scoring. Memberikan layanan equity crowdfunding dan project financing,” imbuh dia.

Kontribusi fintech sangat luar biasa ke ekonomi Indonesia

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa fintech telah membawa kontribusi yang lebih positif bagi perekonomian Indonesia. Fintech juga semakin mempermudah akses pembiayaan bagi masyarakat.

“Saya tahu layanan fintech telah berkembang sangat pesat. kontribusi fintech pada pinjaman nasional di 2020 mencapai Rp128,7 triliun, meningkat 113 persen year on year. Sampai September terdapat 89 penyelenggara fintech yang berkontribusi Rp9,87 triliun pada layanan jasa keuangan. Rp15,5 triliun disalurkan equity crowd funding. Ini perkembangan luar biasa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *