Melihat Kondisi Terkini Kampung Akuarium

Melihat Kondisi Terkini Kampung Akuarium

Melihat Kondisi Terkini Kampung Akuarium

Melihat Kondisi Terkini Kampung Akuarium,  –  Kampung Susun Akuarium yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara, akan segera dibangun pada September 2020. Setelah peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ternyata begini kondisi Kampung Akuarium.

Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, masih banyak warga menghuni shelter yang berdiri di kawasan ini. Terlihat warga masih beraktivitas normal, seperti anak kecil yang bermain di lokasi serta warga yang bersih-bersih shelter dan memasak.

Total ada 90 unit shelter yang terletak di 3 blok. Yakni Blok A, Blok B, dan Blok C. Di dalam satu shelter, terdapat ruangan depan dan belakang. Terdapat toilet komunal di setiap blok shelter. Tiap shelter dilengkapi fasilitas listrik hingga air untuk warga. Koordinator Wilayah Kampung Akuarium Dharma Dini mengungkapkan bahwa kehidupan warga di shelter lebih baik daripada di tenda pengungsian beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah baik-baik, kalau beli masing-masing, kalau air-listrik juga berdasarkan penggunaan masing-masing tapi ada semuanya. Dibanding di tenda dulu dan sekarang kita belum dapat legalitas,” kata Dharma di Kampung Akuarium.

Kepemilikan Tanah di Kampung Aquarium

Dharma menjelaskan sebanyak 240 KK mengantongi hak kepemilikan tanah di Kampung Aquarium. Namun, jelas Dharma, hanya ada 103 KK yang kini menempati shelter. Ada sejumlah warga yang tinggal mengontrak di kawasan lain ataupun direlokasi ke rusunawa lain karena berbagai alasan.

“Ada alasannya berupa-rupa. Karena semuanya serba mendadak, kondisi manusia itu kan berbeda-beda, ada yang punya orang tua sepuh, ada yang punya istri lagi hamil besar, ada yang punya bayi baru lahir, kalau dia nggak ambil itu dia nggak bisa jamin keluarganya seperti apa, ekonominya hancur,” ujarnya.

Namun, Dharma menegaskan seluruh warga, baik yang memilih bertahan di shelter maupun di luar shelter, tetap berjuang untuk membangun kembali Kampung Akuarium.

“Kita bertahan karena kita mampu kita bisa kita bertahan di sini, karena kita nggak punya orang tua yang sepuh, kita nggak punya bayi yang baru lahir, kita nggak punya istri yang hamil besar kan gitu. Tapi kehidupannya sama menderita, sama-sama kecewa, sama-sama rugi,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kampung Susun Akuarium ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Total akan ada 241 unit yang akan dibangun di 5 blok.

Kampung Akuarium ini dulunya pernah digusur di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada April 2016. Namun kini, pembangunan direncanakan selesai pada Desember 2021.

“Pemprov DKI melaksanakan pembangunan Kampung Susun Akuarium di atas lahan kurang-lebih 10 ribu meter persegi, yang terdiri dari 5 blok dan 241 unit hunian dengan tipe 36,” kata Sarjoko di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *