KPK Temukan Dokumen Ekspor Benih Losbter Saat Geledah Kantor PT ACK

KPK Temukan Dokumen Ekspor Benih Losbter Saat Geledah Kantor PT ACK

KPK Temukan Dokumen Ekspor Benih Losbter Saat Geledah Kantor PT ACK

KPK Temukan Dokumen Ekspor Benih Losbter Saat Geledah Kantor PT ACK – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor milik PT Aero Citra Kargo (ACK), Senin 30 November 2020, kemarin. Penggeledahan berkaitan dengan kasus dugaan suap penerbitan perizinan ekspor benih lobster atau benur.

“Senin (30/11/2020) tim penyidik KPK kembali melakukan kegiatan penggeledahan di salah satu kantor milik PT ACK yang berlokasi di Jakarta Barat,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Ali mengatakan, dalam penggeledahan yang berlangsung hingga pukul 02.30 WIB dini hari itu. Tim penyidik KPK menemukan beberapa dokumen terkait ekspor benur dan barang bukti elektronik.

“Adapun barang yang ditemukan dan diamankan tim diantaranya adalah beberapa dokumen terkait dengan ekspor benih lobster dan bukti elektronik,” kata Ali.

Ali mengatakan, tim penyidik KPK akan terus melakukan penggeledahan untuk memperkuat bukti dalam kasus ini. Hanya saja, Ali memastikan pihaknya tak akan mengungkap lokasi yang akan geledah tim penyidik.

“Berikutnya barang dan dokumen yang mengamankan tersebut akan di lakukan inventarisir dan analisa lebih lanjut untuk selanjutnya melakukan penyitaan. Kami memastikan perkembangan penanganan perkara ini akan kami informasikan lebih lanjut,” kata Ali.

Selisik 2 Perusahaan

Sebelumnya, KPK menyatakan dominoqq online akan menelisik lebih dalam kongsi atau persekutuan dagang antara PT Perishable Logistic Indonesia (PLI) dan PT Aero Citra Kargo (ACK) dalam kasus dugaan suap penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur.

Ali Fikri mengatakan pihak lembaga antirasuah bakal memanggil sejumlah pihak ihwal keterkaitan PT PLI ini.  Dalam sengkarut kasus yang menjerat Menteri nonaktif Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

“Tentu info tersebut akan mengembangkan lebih lanjut oleh penyidik dengan memeriksa saksi-saksi yang terduga mengetahui hubungan PT ACK dengan PT PLI ini,” ujar Ali saat mengkonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Berdasarkan Informasi yang terhimpun PT PLI adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman cargo port to port. PT PLI sendiri tengarai berkongsi dengan PT Aero Citra Kargo sebagai forwarder dari eksportir benur ke negara-negara tujuan.

Ali tak menampik adanya keterkaitan antara PT PLI dengan PT ACK dalam kasus ini. Sebab, salah satu pihak yang terkana pengamanan dalam operasi tangkap tangan terhadap Edhy Prabowo. Tim penindakan turut mengamankan Dipo yang menyebut sebagai pengendali PT PLI.

“Fowardernya dari ACK kan memang PLI,” kata Ali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *