Ini Penjelasan BMKG 37 Kali Gempa Susulan Terjadi di Bali Dan Lombok

Ini Penjelasan BMKG 37 Kali Gempa Susulan Terjadi di Bali Dan Lombok

Ini Penjelasan BMKG 37 Kali Gempa Susulan Terjadi di Bali Dan Lombok

Ini Penjelasan BMKG 37 Kali Gempa Susulan Terjadi di Bali Dan Lombok – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 37 gempa susulan berlangsung hari ini di Bali Selatan Samudera Hindia. BMKG menyebutkan gempa terus terjadi di daerah ini karena kesalahan dari lempeng Indo-Australia.

Berdasarkan analisis dari BMKG, tertinggi besarnya 5.2 gempa susulan (M 5.0 pembaruan Kamis) digelar pada Minggu (2020/03/22) di 13:48 h. Gempa terjadi di lokasi yang sama dengan kekuatan besarnya sebuah 6,3 terjadi Kamis (19/3).

“Jika Anda memperhatikan lokasi pusat gempa, kedalaman, dan mekanisme sumber tampaknya bahwa gempa masih serangkaian gempa susulan dari gempa bumi dengan kekuatan M 6.3,” memiliki kata kepala BMKG Gempa dan tsunami, Rahmat Triyono dalam pernyataan yang diterima AFP.

Rahmat mengatakan bahwa ada sekitar 37 gempa susulan 02.09 ke 05.02 diadakan setelahnya. Dia menyebut gempa ini terjadi karena cacat di tempat tidur laut Indo-Australia.

“Gempa ini memiliki mekanisme kegagalan yang rendah (sesar normal) dengan deformasi batuan terjadi mengalami rolling lempeng Indo-Australia menarik kekuatan (luas),” katanya.

Ia menyebut lokasi slab lempeng samudera Indo-Australia “mulai” mensubduksi dan lipat benua Eurasia di Bali dan ini adalah Selatan di mana pelanggaran terjadi. Hal ini terjadi di luar zona subduksi Menurutya.

“Karena patah batu terjadi di zona sumber gempa di luar zona subduksi (elevasi eksterior),” katanya.

Menurut file BMKG dari gempa besar di daerah luar Bali bangkit tidak hanya terjadi sekarang. Sebelumnya gempa bumi daerah luar ruangan meningkat berpengalaman Bali 3 kali penting, yaitu (1) 9 Juni 2016 dengan kekuatan 6,0 (2) 17 Maret 2017, berkekuatan 5,3 ( 3) 9 Juni 2019 dan dicocokkan dengan magnitude 5,1 dan 19 Maret 2020, di besarnya 6,3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *