Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres – Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa menjaga kebugaran, kondisi mental, dan mengurangi stres. Melansir https://103.31.38.66/, olahraga terbukti efektif meningkatkan mood, kewaspadaan, konsentrasi, dan fungsi kognitif secara keseluruhan.

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres | Orami

Ingin mengusir stres, tetapi tidak mau melakukan olahraga yang terlalu berat? Coba lakukan gerakan ringan di bawah ini, yuk!

1. Pose yoga downward facing dog

Mengutip Everyday Health, yoga adalah latihan kekuatan yang membuat tubuh lebih fleksibel dan tangguh. Selain itu, yoga memicu respons relaksasi tubuh karena menggunakan pernapasan dalam. Manfaat terbesarnya ialah bagi kesehatan mental, termasuk untuk manajemen stres.

Salah satu gerakan yoga yang paling basic dan mudah dilakukan oleh pemula adalah downward facing dog atau adho mukha svanasana dalam bahasa Sansekerta. Dilansir http://castrodeathwatch.com/, pose yoga ini meregangkan otot-otot kaki belakang, memanjangkan tulang belakang. Maka menenangkan sistem saraf, mengatasi sakit kepala, serta melepaskan stres.

2. Peregangan kucing-unta

Gerakan ringan berikutnya adalah peregangan kucing-unta (cat camel stretch). Namanya unik, ya? Ini merupakan latihan pemanasan yang baik dan bagus untuk fleksibilitas tulang belakang, dikutip Lifehack.

Selain itu, peregangan bisa meredakan ketegangan otot, melepaskan stres, membantu tubuh rileks, dan membuat tidur lebih nyenyak, dilansir Wellness Corporate Solutions. Mari kita coba mempraktikkan peregangan kucing-unta!

3. Jumping jacks

Dari segi fisik, jumping jacks baik untuk kardiovaskular. Gerakan ini menyeimbangkan detak jantung, mengontrol dan menjaga tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, serta mencegah stroke atau serangan jantung, dilansir Femina India.

Selain bermanfaat untuk fisik, jumping jacks baik bagi psikologis kita. Gerakan ini mendorong pelepasan endorfin, yaitu hormon yang mencegah stres dan depresi serta mengatasi masalah sulit tidur.

4. Side leg lift

Ingin olahraga sambil rebahan? Lakukan saja gerakan side leg lift. Maka Gerakan ini menargetkan paha luar, glute, dan pinggul. Asyiknya, kamu bisa mempraktikkan gerakan ini sambil melakukan aktivitas lain, seperti melihat televisi, membaca buku, menonton film, atau chatting.

Dilansir PopSugar, awali dengan berbaring pada satu sisi, lalu angkat kaki bagian atas lebar-lebar. Ulangi hingga 20 kali repetisi, sebelum berganti posisi dengan kaki satunya.

Jika melakukan ini secara rutin, apa keuntungan yang kita dapatkan? Mengutip Healthline, stabilisasi tubuh dan rentang gerak menjadi lebih baik, meningkatkan daya tahan otot, mencegah cedera atau nyeri yang berhubungan dengan pinggul, lutut, dan punggung bawah, serta tentu saja menurunkan stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *