Canggihnya MRT Jakarta seperti Luar Negeri

Canggihnya MRT Jakarta seperti Luar Negeri

Canggihnya MRT Jakarta seperti Luar Negeri

Canggihnya MRT Jakarta seperti Luar Negeri – Sebagian warga yang mengikuti uji coba MRT Jakarta mulai berdatangan ke stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel) jelang siang hari. Mereka berasal dari beragam latar belakang, termasuk anak-anak muda, pasangan lanjut usia, hingga orang tua yang membawa anak-anak kecil untuk bertolak ke pusat kota, tepatnya menuju stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat (Jakpus).

Salah satu warga yang mengikuti uji coba ini adalah Irfan. Bersama putranya yang baru berusia 4 tahun, warga Jakarta Timur (Jaktim) ini mendaftar uji coba sejak beberapa hari lalu. Dia merasakan sensasi menaiki kereta buatan pabrik Jepang Nippon Sharyo sambil mengungkapkan kekagumannya.

Buat para pekerja ibu kota, naik transportasi umum mungkin sudah jadi bagian dari rutinitas sehari-hari yang mendukung mobilitas. Untungnya banyak pilihan moda transportasi umum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja MRT Jakarta yang bisa bikin kamu berasa tinggal di Jepang atau Korea yang punya transportasi umum modern nan canggih.

Naik MRT Jakarta mungkin sudah jadi bagian dari kehidupanmu di ibu kota sebelum momen pandemi menyerang. Momen karantina diri selama berbulan-bulan terakhir jelas bikin kamu berhenti sejenak dari rutinitas yang satu ini.

Kesan yang sama datang dari pengguna MRT yang uji coba hari itu, Yogi Cerdito. Warga yang tinggal di kawasan Lebak Bulus itu menilai fasilitas stasiun dan kereta MRT Jakarta sangat canggih, aman, dan nyaman.

Yogi merasa senang dan terharu karena akhirnya Jakarta punya fasilitas transportasi publik yang kualitasnya sangat bagus. Menurutnya, MRT Jakarta mirip dengan yang beroperasi di Singapura dan Tokyo.

Yogi, yang bekerja sebagai karyawan swasta, mengaku akan menggunakan MRT setelah beroperasi secara komersial.

Super Cepat buat Keliling Jakarta

Jakarta identik dengan kemacetan luar biasa. Tapi kini, dengan menggunakan MRT kamu bisa berkeliling ibu kota tanpa membuang waktu saat terjebak macet di jalanan. Dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI, hanya diperlukan waktu singkat, sekitar 30 menit saja.

Demi mengejar ketepatan waktu, MRT Jakarta bisa mencapai kecepatan 80 kilometer per jam di dalam terowongan, bahkan lebih cepat di luar terowongan hingga 100 kilometer per jam. Selain super cepat, jeda waktu antara kedatangan dan keberangkatan Jakarta cukup singkat, hanya 5 menit sekali di jam sibuk dan 10 menit di jam biasa.

Punya 13 Stasiun Canggih yang Wajib Banget Kamu Hapal

MRT Jakarta akan melalui total 13 stasiun, di antaranya Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Istora, Bendungan Hilir hingga Bundaran Hotel Indonesia. Belum hapal? Tenang aja karena ada penampang informasi yang menampilkan peta jalur dan posisi kereta.

Soal fasilitas, stasiun MRT Jakarta boleh diadu dengan yang ada di luar negeri. Pasalnya, ada berbagai fasilitas dengan standar terbaik yang dihadirkan demi kenyamanan penumpang. Mulai dari eskalator dan lift, ruang pertolongan pertama, hingga PSD (Platform Screen Door) yang mencegah penumpang terjatuh ke area rel kereta. Tak ketinggalan pendingin udara maupun sirkulasi udara di stasiun layang yang bikin kamu bebas dari rasa gerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *