Bumi Kian Memanas Akibat Pemanasan Global

Bumi Kian Memanas Akibat Pemanasan Global

Bumi Kian Memanas Akibat Pemanasan Global,- Peneliti mengemukakan bahwa saat ini suhu rata-rata permukaan bumi meningkat. Pada tahun 2016, suhu rata-rata permukaan bumi mencapai rekor tertinggi sejak pencatatan pertama dimulai pada tahun 1880.

Menurut perkiraan akibat dari naiknya suhu rata-rata permukaan bumi, gletser yang memiliki tinggi menjulang mencair hingga ketinggiannya hanya terlihat sampai permukaan air saja pada tahun 2015.

Lantas apa pengertian pemanasan global? Penyebab dan dampaknya seperti apa? Dan solusinya? Kita akan bahas bersama.

Pemanasan global atau global warming adalah naiknya suhu rata-rata permukaan bumi, laut dan daratan bumi. Pemanasan global bisa berdampak pada perubahan iklim secaa global.

Bukti ilmiah yang menyatakan bahwa telah terjadi pemanasan global adalah ketika para peneliti dari Potsdam Institute for Climate Impact Research atau PIK di Jerman mengemukakan bahwa musim dingin yang ekstreme yang terjadi berturut-turut di benua Eropa.

Dalam 10 tahun belakang ini adalah akibat dari mencairnya lapisan es di kawasan Arktik, dekat Kutub Utara akibat pemanasan global. Hilangnya lapisan es membuat permukaan laut di samudra Arktik langsung terkena sinar matahari.

91b842a3-3721-4d1b-8082-e98936c7e4a4

Penyebab Terjadinya Pemanasan Global
  • Gas efek rumah kaca
  • Penggunaan kendaraan bermotor
  • Penebangan pohon

Tiga poin diatas merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global. Penggunaan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap sisa pembakaran membuat gas emisi rumah kaca tertimbun di atmosfer. Sehingga menimbulkan rumah kaca.

Efek rumah kaca berarti panas yang diterima bumi tidak bisa dipantulkan dengan baik karena terhalang gas rumah kaca, sehingga suhu rata-rata bumi akan meningkat. Pohon yang sejatinya menyerap gas emisi lambat laun jumlahnya berkurang.

Menurut Frances Seymour, peneliti dari World Research Institute mengatakan bahwa penebangan hutan akan mengakibatkan penghancuran hutan sebagai pondasi penting dalam stabilitas iklim.

Dampak Yang Ditimbulkan
  1. Perubahan iklim secara global
  2. Meningkatnya rata-rata permukaan air laut

Ketika pemanasan global terus terjad maka akan berdampak pada stabilitas iklim secara global. Akan ada perubahan iklim secara global, anomali cuaca susah diprediksi dan masih banyak dampak lain yang dapat ditimbulkan.

Selain itu, akibat memanasnya bumi, maka tebing-tebing es di kutub akan mencair sehingga rata-rata tinggi permukaan air laut akan meningkat.

Solusi

Banyak hal yang dapat mengurangi terjadinya pemanasan global, namun hal terpenting adalah jangan serakah. Pergunakan bumi secara ‘sewajarnya’ agar tidak terjadi peristiwa alam yang mungkin akan membahayakan umat manusia.

Referensi: ilmusekolahan.com, liputan6.com, kompas.com, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *