Bagaimana Nasib Jakarta Saat Ini?

Bagaimana Nasib Jakarta Saat Ini?

Bagaimana Nasib Jakarta Saat Ini?

Bagaimana Nasib Jakarta Saat Ini? – Sudah enam bulan berlalu sejak Presiden Joko “Jokowi” Widodo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto duduk bersama di Istana Kepresidenan, mengatakan bahwa ada dua warga negara Indonesia pertama yang terjangkit virus corona atau COVID-19.

Menurut Jokowi, dua WNI itu tertular COVID-19 dari warga negara asing (WNA) di Jakarta. Keduanya sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dan kemudian sembuh.

Dikutip dari http://mamiya-usa.com, meski begitu, mata rantai pandemik virus corona di Indonesia terus meluas ke provinsi lain dan belum mereda hingga artikel ini ditulis. Lalu, bagaimana keadaan Jakarta saat ini setelah 6 bulan didera pandemik virus corona?

Pelanggar semakin banyak

Lonjakan angka kasus positif Covid-19 dan kematian di Jakarta tidak membuat semua warga sadar ancaman Corona. Enam bulan pandemi Covid-19 berlalu, masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Sebanyak 42.303 orang di Jakarta telah terpapar COVID-19

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, hingga saat ini sudah terdapat 42.303 orang yang dinyatakan positif COVID-19, dan 9.325 di antaranya merupakan kasus aktif yang masih dirawat atau isolasi.

Dari jumlah tersebut, 31.741 telah dinyatakan sembuh atau setara 75 persen, dan 1.237 orang meninggal dunia atau setara 2,9 persen.

Positivity rate Jakarta mencapai 11,2 persen

Dwi memaparkan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hari ini tes PCR dilakukan sebanyak 7.003 spesimen. Dari jumlah tersebut, 5.672 orang dites PCR untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 851 positif dan 4.821 negatif.

“Namun, penambahan kasus hari ini totalnya 1.053 kasus, karena sebanyak 202 kasus adalah akumulasi data dari hari sebelumnya yang baru dilaporkan. Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 61.215. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 55.641,” terangnya, Rabu.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 11,2 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 6,5 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

Sebanyak 180.646 orang di Indonesia telah dinyatakan positif COVID-19

Berdasarkan data yang diunggah Satgas COVID-19, kasus COVID-19 secara nasional telah mencapai 180.646 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 129.971 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 7.616 orang meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *