5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah

5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah

5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah

5 Tanda Kamu Punya Self-Esteem yang Rendah – Self-esteem adalah nilai diri yang dimiliki seseorang, atau seberapa besar nilai yang berikan seseorang untuk menghargai dirinya. Self-esteem memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan.

Seseorang yang memandang rendah dirinya akan cenderung pesimis, tidak percaya diri, dan rentan terkena depresi. Karena itu, penting bagi kita untuk memiliki pandangan yang benar terhadap keberhargaan diri kita sendiri.

Inilah lima tanda kamu memiliki nilai self-esteem yang rendah.

1. Kamu memandang negatif dirimu sendiri

Orang dengan self esteem rendah tidak dapat melihat hal bagus atau sisi positif yang ada pada dirinya. Kamu sering berpikir bahwa dirimu lemah dalam segala aspek—dalam penampilan, kepintaran, atau bahkan ketika harus berbaur dalam lingkungan sosial. Memang tidak ada manusia yang sempurna, tetapi itu tak berarti kamu harus terus mengkritik diri sendiri secara berlebihan.

Pemikiran-pemikiran tersebut bila membiarkan dapat menghasilkan persepsi yang salah dalam kamu memandang dirimu. Kamu akan mudah merasa minder, takut untuk mencoba hal baru, dan bersikap defensif terhadap segala jenis kritik orang.

2. Kamu sering meragukan diri sendiri

Pernahkah kamu memilih untuk melewatkan satu kesempatan besar, hanya karena kamu takut gagal? Bukan hanya itu, pernahkah kamu merasa tidak percaya diri dengan dirimu dan memilih untuk menghindar dari perkumpulan sosial? Ini merupakan salah satu tanda kamu memiliki self esteem yang rendah. Kamu sering tidak percaya dengan kemampuanmu sendiri.

3. Kamu memikirkan kesalahanmu secara berlebihan

Tidak semua peristiwa dalam hidup akan terjadi lancar sesuai apa yang kamu inginkan dan rencanakan. Ketika sesuatu berjalan ‘melenceng’, kamu memilih untuk meminta maaf. Bahkan ketika kamu diperhadapkan dengan seseorang yang berbeda pendapat denganmu, alih-alih tetap berdiri teguh pada pendirianmu sendiri, kamu memilih untuk meminta maaf dan menuruti apa kata mereka.

Penyebabnya oleh nilai self-esteem-mu yang rendah. Maka kamu tidak percaya dengan pendapatmu, dan cenderung merasa inferior dibanding orang lain.

4. Kamu mengejar kesempurnaan

Karena rendahnya nilai keberhargaan diri, kamu jadi tertatih-tatih untuk mengejar suatu ‘kesempurnaan’ dalam tiap pekerjaan yang kamu lakukan. Ini disebabkan oleh persepsi negatif yang kamu tanamkan dari awal pada dirimu sendiri, sehingga kamu ingin mencapai kesempurnaan untuk menutupi rasa rendah dirimu.

Namun seringkali keinginan tersebut tak bertahan lama. Kamu akan memilih untuk menunda pekerjaanmu atau tidak melanjutkan tugas-tugasmu karena rasa ketakutan yang mendalam terhadap kegagalan.

5. Kamu mengukur keberhargaan diri dari pujian-pujian orang

Ketika seseorang memandang rendah nilai dirinya sendiri, ia selalu ingin menuai pujian dari orang lain. Cinta dan apresiasi diri sendiri tidaklah cukup untuknya, sehingga ia berusaha keras untuk menyenangkan hati orang, terlepas apa itu sesuai dengan prinsipnya atau tidak. Apa kamu juga sering melakukan hal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *