Fakta Lengkap Serda Aprilia Manganang

Fakta Lengkap Serda Aprilia Manganang, Anggota TNI Wanita Ternyata Seorang Pria

 

Fakta Lengkap Serda Aprilia Manganang – Seorang anggota korps wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) bernama Serda Aprilia Manganang didiagnosis mengalami kelainan hipospadia. Kelainan tersebut membuat prajurit berpangkat sersan dua itu harus menjalani pergantian status kependudukan dari wanita ke pria.

Dikutip dari castrodeathwatch.com Pengumuman tersebut, juga disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. Berikut fakta lengkap tentang Serda Aprilia Manganang, dilansir dari berbagai sumber:

Serda Apriliani Alami Kelainan

Dikutip dari coloradofarmers.org Nama Aprilia Santini Manganang, sebelumnya sempat mencuri perhatian masyarakat luas saat ia berlaga di Asian Games 2018 lalu. Aprilia adalah anggota dari Tim Nasional Bola Voli Putri, sebelum mengundurkan diri pada tahun 2020.

Belum lama ini, sosoknya pun kembali menjadi perbincangan di media sosial lantaran penampilan Serda Aprilia yang semakin berotot. Memiliki penampilan tomboy, tak ayal membuat banyak orang dari dulu selalu menganggap Aprilia adalah seorang pria.

Kasad Andika mengonfirmasi, bahwa Serda Aprilia ternyata berjenis kelamin laki-laki. Hal tersebut dketahui usai Aprilia menjalani pemeriksaan medis pada Februari 2021 kemarin, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Saat dlahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, Hipospadia,” tutur Andika d Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3).

Jenderal Andika menyebut, hasil pemeriksaan medis tersebut rupanya dterima baik oleh Serda Aprilia. Sebab, sejak kecil pun Aprilia mengaku merasakan adanya perbedaan antara drinya dengan perempuan lainnya.

“Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang basa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki,” jelas dia.

Maka dpastikan, Aprilia memang berjenis kelamin laki-laki. Namun lantaran kurang pengetahuan, saat dlahirkan orang tua dan paramedis d kampung halaman Aprilia pun memutuskan da perempuan.

Alasan Bisa Lolos Masuk TNI

Serda Apriliani tercatat sebagai anggota dari korps wanita TNI Angkatan Darat atau Kowad. Ia direkrut sebagai prajurit melalui jalur penerimaan khusus anak muda berprestasi pada tahun 2016 lalu. Saat itu, pemeriksaan medis tidak sampai pada dagnosa kelainan alat reproduksi Hipospadia.

kasad jenderal tni andika perkasa

©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

“AD (Angkatan Darat) memutuskan untuk menerima. Pemeriksaan tidak dlakukan selengkap yang kami gelar minggu lalu,” tutur Andika di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3).

Karena ia dlahirkan dengan memiliki akta perempuan, Aprilia pun akhirnya masuk dalam jajaran prajurit wanita d Kowad.

Tetap Jadi Anggota TNI

Meski status kependudukan Serda Aprilia berubah menjadi pria, Jenderal Andika memastikan jika Aprilia akan tetap menjadi prajurit TNI AD.

“Manganang masuk TNI AD jadi Bintara Komunitas Ajudan Jenderal. Dengan kondisi ini maka saya dengan staf akan lakukan evaluasi untuk beri tugas yang pas. Kemungkinan besar pilihannya di perbekalan dan angkutan. Atau di kesehatan, tergantung pasion Manganang di mana,” tutur Andika.

Serda Aprilia Manganang Bahagia

Setelah hasil rekam medis menyatakan jika drinya adalah pria, Serda Aprilia Manganang mengaku lega dan bahagia. Sebab, sudah lama ia merasakan perbedaan dalam drinya.

“Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini, dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya,” tutur Aprilia lewat virtual yang dtampilkan di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3).

Saat ini, Aprilia masih menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Ia dsebut tengah menjalani operasi corrective surgery.

“Seperti yang saya katakan tadi ini operasi ini corrective surgery, jadi tidak ada pergantian kelamin. Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria itu tidak ada,” jelas Andika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *